Minggu, 18 Mei 2014

Editing Software {1}

Setelah berbasa basi dengan mengungkap sedikit tentang Film dan sejarahnya, mungkin sudah tak sabar untuk menyimak posting tentang Program editing. "Tapi seharusnya kan tentang pengambilan gambar??" Ach itu mungkin lain kali dibahas belakang tidak masalah. Anda bisa menmukan di laman web tersebar banyak sekali penawaran program-program editing yang menarik dan berkualitas dengan membawa fitur2 terbaik mereka. Kira-kira program apa yang dapat penulis ungkap disini? Tentunya simak terus dan jangan lupa tekan Ctrl+D untuk mengikuti postingan atau tulisan-tulisan lainnya yang berhubungan dengan Fotografi dan Videografi tak terkecuali dari tehnik dan seluk beluk mengenai wedding moment sampai kelas broadcast, juga Hollywood.

Dengan ku mulai berselancar di dunia maya dan berdasar dari teman-teman di Group LensaMultimedia, kami menemukan beberapa program menarik untuk dikuak rahasia kehebatannya. Studio di Hollywood mungkin juga pernah menggunakan program-program dibawah ini. Jadi jangan putus asa, anda bisa menjadi editor handal saat mencincang dan mengalirkan sebuah cerita di timeline bak Hollywood kelas BoxOffice.

1. Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro adalah sebuah program penyunting video. Itu adalah sebagian dari Adobe Creative Suite. Walaupun yang dua versi pertama hanya tersedia untuk Windows, dan akhirnya versi CS3 tersedia untuk Windows maupun Mac OS X.  
Adobe Premiere Pro merupakan salah satu software editing video yang sangat populer dan sudah diakui kecanggihannya. Kelengkpan fasilitas dan kemampuannya yang luar biasa dalam mengolah video, menjadikan software ini paling banyak dipakai oleh editor video. Karena keberadaannya benar-benar mampu membantu dan memudahkan pemakai dalam mengolah video, terutama pekerjaan editor video.


Adoba premiere merupakan salah satu software video editing unggulan yang kerap digunakan dalam dunia perfilman. Banyak fitur yang bisa anda gunakan didalamnya, mulai dari fitur sederhana sampai dengan fitur yang lebih profesional yang pastinya bikin bingung orang awam. Dan salah satu diantara banyak film olahan Premiere adalah Superman Returns.

2. Apple Final Cut Pro

Final Cut Pro adalah software video editing non-linear yang dikembangkan oleh Macromedia Inc dan kemudian Apple Inc Versi paling baru, Final Cut Pro X, berjalan pada komputer Mac yang didukung oleh Mac OS X versi 10.6.7 atau yang lebih baru dan menggunakan Intel prosesor. Perangkat lunak ini memungkinkan pengguna untuk log dan mentransfer video ke hard drive (internal atau eksternal), di mana dapat diedit, diolah, dan output ke berbagai macam format. Sejak awal 2000-an, Final Cut Pro telah mengembangkan basis pengguna yang besar dan berkembang, terutama penggemar video dan pembuat film independen.

Pada bulan Agustus 2002, aplikasi ini memenangkan Primetime Emmy Engineering Award untuk dampaknya pada industri televisi. Dan contoh beberapa film yang disunting dengan aplikasi Final Cut Pro: The Social Network (2010), Eat Pray Love (2010) dan X-Men Origins: Wolverine (2009).

3. Canopus Edius

Canopus Edius juga merupakan salah satu perangkat lunak profesional terbaik untuk pemrosesan video. Mendukung pengolahan format video terkompresi di SD, HD, HDV, DV, MPEG-2 dan MPEG-1 real-time. Program ini memberikan kesempatan untuk bekerja dengan jumlah terbatas lapisan yang berisi audio, video, data atau efek. Proyek dibuat dalam EDIUS Pro, anda dapat menyimpan dengan menggunakan sendiri Canopus HQ codec, yang mampu untuk mengkodekan dengan bit rate variabel.

Diantara ketiga software yang telah dibahas, tampilan (interface) Premiere dan FCP mungkin lebih baik karena di Edius lebih banyak menggunakan Pop Up (pengaturan transisi, effect, dll) yang pada akhirnya berkesan semrawut. Namun tidak kalah dengan yang lainnya, Edius dengan memaksimalkan penggunaan CPU akhirnya memiliki kelebihan dalam halmemainkan video HD tanpa merender terlebih dahulu bahkan file dimainkan dalam sistem interlaced yang membuat motion video begitu halus dan realtime.

1 komentar:

  1. Apple Clips is a video editing app that lets users create and share short videos complete with special effects, text, and graphics.
    One of the more interesting features of Clips is Live Titles, which let you create animated captions by talking as you record.
    On Facebook, users play up to 85 percent of videos without sound, making this one of the more valuable video social media tools for boosting engagement rates.

    BalasHapus